Kategori
Berita Opini

Harga Emas Naik Terus, Simpan atau Jual?

BAGIKAN:
Ilustrasi investasi berupa emas batangan

HargaEmas.com – Emas Antam terus saja mencetak rekor tertingginya. Pada hari ini Selasa, 2 April 2024, emas batangan 1 gram naik lagi sebesar Rp 2.000 menjadi Rp 1.256.000. Sementara harga buyback / jual kembalinya juga naik Rp 2.000 menjadi Rp 1.148.000 per gram.

Nah yang menjadi pertanyaan adalah apakah kamu akan menjualnya sekarang dan meraup cuannya; atau tetap menyimpan sebagai investasi jangka panjang? Berikut pertimbangan-pertimbangan yang perlu dicermati sebelum mengambil keputusan.

Opsi 1: Simpan

Ketika berinvestasi emas, kamu tentunya mempunyai target investasi seperti untuk pembiayaan pendidikan anak, pergi liburan, dana pensiun, dan lain sebagainya.

Apabila dihitung bahwa dengan hasil penjualan emas sekarang, target finansial kamu belum dapat terealisasi, ataukah kamu belum akan merealisasikan target finansialmu, maka ada baiknya kamu menyimpan saja emas sebagai investasi jangka panjang.

Baca juga: Investasi Emas Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan! Syaratnya: Sabar

Opsi 2: Jual

Sebelum mengambil keputusan untuk menjual emas, kamu perlu menghitung dahulu cuan yang bakal didapat dari hasil penjualan. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah adanya selisih yang cukup besar antara harga beli dan harga jual kembali.

Contoh: mengacu pada harga hari ini (2/4/2024), harga beli berada di Rp 1.256.000 sedangkan harga jual kembali adalah Rp 1.148.000. Pastikan kamu benar-benar mendapatkan cuan yang lumayan ketika menjualnya.

Selanjutnya, ada baiknya hasil penjualan emas tidak digunakan untuk hal-hal yang konsumtif. Sebaliknya, hasil cuan sebaiknya dimasukkan ke kas dana darurat yang nantinya bisa digunakan untuk situasi mendesak seperti biaya berobat ketika sakit, atau biaya hidup ketika kehilangan penghasilan, atau memperbaiki kendaraan ketika tiba-tiba rusak, dan lain sebagainya.

Bagi investor emas, kamu dapat memantau harga emas beserta grafik nya setiap saat di https://hargaemas.com

BAGIKAN:

6 tanggapan untuk “Harga Emas Naik Terus, Simpan atau Jual?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *